Pertanyaan dan Jawaban

Situs WBH Anti-counterfeiting adalah situs pengaduan serta pelaporan yang disediakan oleh PT. Integrity Indonesia sebagai salah satu sarana bagi publik atau badan profesional untuk melaporkan dugaan adanya pelanggaran kekayaan intelektual.

Kekayaan Intelektual atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang dimiliki oleh seseorang maupun sekelompok orang atas hasil karya ciptanya. Menurut UU pada tanggal 21 Maret 1997, HKI juga bisa diartikan sebagai hak-hak secara hukum yang berhubungan dengan permasalahan hasil penemuan dan kreativitas seseorang atau beberapa orang yang berhubungan dengan perlindungan permasalahan reputasi dan tindakan / jasa dalam bidang komersial.

Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh, para penjual diwajibkan menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada konsumen.

Pelaporan bisa diajukan dengan mengirimkan email atau surat ke alamat yang tersedia, atau melalui situs ini dengan masuk ke dalam akun anda. Anda juga bisa membuat akun baru saat Anda membuat laporan.

Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal sebagai bentuk konfirmasi bahwa pengaduan sudah diterima.

Jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan diberikan akan diproses dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima. Respon tertulis dalam bentuk surat dapat diberikan apabila pelapor mencantumkan identitas secara jelas (nama dan alamat koresponden). Respon dari media pengaduan lainnya akan disampaikan dan diberikan sesuai identitas pelapor yang dicantumkan dalam media pengaduan tersebut.

Pengaduan yang anda berikan akan direspon dan tercantum dalam situs ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan.

Untuk dapat melihat respon yang diberikan, anda harus login terlebih dahulu dengan username yang telah anda registrasikan di situs ini, dan anda dapat melihat status pengaduan dalam history pengaduan sesuai dengan nomor register pengaduan yang didapatkan. Sebagai catatan, pengaduan anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan.
Kerahasiaan identitas anda sebagai pelapor akan terjaga. Anda juga dapat mengatur tingkat kerahasiaan identitas anda saat mengajukan laporan.
Hal tersebut tidak perlu dilakukan. Satu username dapat melakukan lebih dari satu pengaduan. Ketika satu pengaduan telah selesai dibuat, Anda dapat membuat pengaduan terkait dengan dugaan pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan lainnya dengan memilih “tambah pengaduan”. Masing-masing pengaduan akan mendapatkan nomor register yang berbeda.
Data yang sudah dilaporkan sebelumnya tidak dapat dilakukan perubahan, namun anda bisa menambahkan data lain terkait pengaduan dengan mengunggah data dalam bentuk lain seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya (masing-masing dengan ukuran maksimum 10 MB). Untuk melakukan hal tersebut, Anda tidak perlu membuat pengaduan baru. Mengunggah data tambahan baru dapat dilakukan dengan login username yang telah diregistrasikan sebelumnya di situs ini, lalu Anda dapat masuk ke halaman pengaduan. Dalam halaman pengaduan, anda memilih pengaduan yang ingin ditambahkan data tambahan kemudian klik tombol “tambah lampiran pengaduan” di bagian bawah rincian pengaduan.

Data Anda akan dihapus dalam kasus berikut:

  • Atas permintaan dari klien Canary
  • Di akhir kontrak antara operator Canary dan klien kami
  • Atas permintaan pelapor dalam hal pelapor telah memberikan data pribadinya